Headlines News :
Home » » Harun Ar-Rasyid - Khalifah yang Patut Diteladani

Harun Ar-Rasyid - Khalifah yang Patut Diteladani

Written By Muhammad Yogi Saputra on Jumat, 31 Agustus 2012 | 06.07


Ia dibaiat sebagai khalifah pada bulan Rabiul Awal 170 Harun Ar-Rasyid merupakan penguasa yang paling baik perjalanan hidupnya, paling banyak berjihad dan berhaji dengan jiwanya sendiri. (Al-Bidayah wan Nihayah, 14/28) kebesaran nama Harun Ar-Rasyid tidaklah disebabkan oleh faktor keturunan bangsawan dan lingkungan hidup istana. Kebesaran namanya dalam sejara
h Islam disebabkan oleh ilmu dan amalnya, jihad dan hajinya, shalat dan infaknya, keadilan dan kepemimpinannya


( Menghormati ilmu dan ulama )


Harun Ar-Rasyid biasa mengundang para ulama untuk mendengarkan hadits dari mereka. Suatu hari ia mengundang ulama hadits, Abu Muawiyah Muhammad bin Khazim Ad-Dharir. Setelah mendengarkan hadits, Harun menjamu makan sang ulama. Selesai makan, Harun-lah yang mencuci tangan sang ulama. Harun mengatakan, Saya hanya ingin memuliakan ilmu


( Takut kepada Allah ) 


Setiap kali ia mendengar ulama membacakan sebuah hadits yang mengandung nasehat yang menyentuh, ia menangis karena rasa takutnya kepada Allah. Ia juga sering menangis apabila mendengar nasehat para ulama dan orang shalih 


( Shalat wajib berjamaah ) 


Harun Ar-Rasyid senantiasa mengimami kaum muslimin shalat lima waktu secara berjama'ah di masjid jami di Baghdad, kecuali jika ia tengah berangkat haji atau berjihad. Shalat sunnah. Setiap hari ia melaksanakan shalat sunnah sebanyak 100 raka'at, sampai ia meninggal dunia, kecuali saat ia sakit.


( Sedekah ) 


Setiap hari Harun Ar-Rasyid bersedekah sebanyak 1000 dirham dari harta kekayaannya sendiri.


( Jihad fi sabilillah ) 


Sejak masa kekhilafahan bapaknya dan saudaranya, Harun Ar-Rasyid sudah biasa memimpin pasukan Islam berjihad melawan pasukan Romawi Timur di musim panas. Setelah mengepung Konstantinopel selama waktu yang lama dengan perjuangan berat, pada tahun 165 H Harun Ar-Rasyid berhasil memaksa penguasa Romawi Timur untuk meminta perdamaian dan membayar jizyah dalam jumlah sangat besar. 


Setelah menjadi khalifah, Harun Ar-Rasyid membagi waktunya menjadi dua. Satu tahun ia memimpin pasukan jihad tanpa melakukan haji dan satu tahun berikutnya ia berangkta haji sehingga tidak memimpin langsung pasukan jihad. Hal itu ia lakukan secara rutin sampai ia meninggal dunia. 


( Keadilan dan kemakmuran kaum muslimin pada masa pemerintahannya )


Wilayah kekuasaannya luas dan seluruh warga Negara baik muslim maupun kafir dzimmi merasakan keamanan, keadilan dan kemakmuran. 


Imam Muhammad bin Jarir Ath-Thabari menyebutkan bahwa saat Harun Ar-Rasyid meninggal, harta baitul mal (lembaga keuangan negara) untuk kepentingan kaum muslimin berjumlah 9 miliyar dirham!


Utsman bin Katsir Al-Wasithi berkata, Aku mendengar Fudhail bin Iyadh berkata, Tiada orang yang kematiannya lebih menyedihkan kami daripada kematian Harun Ar-Rasyid. Sungguh aku berdoa kepada Allah agar menambahkan sebagian umurku kepada umur Harun Ar-Rasyid.


Para ulama menyebutkan sepeninggal Harun Ar-Rasyid, kekuasaan negara dipegang oleh para khalifah dan pejabat negara yang memasyarakatkan bid'ah, yaitu memaksakan akidah Jahmiyah dan Mu'tazilah kepada mayoritas kaum muslimin yang berakidah ahlus sunnah wal jama'ah. Para khalifah tersebut adalah Al-Mamun, Al-Amin dan Al-Mutashim.


Harun Ar-Rasyid meninggal di wilayah Thus, pada hari Sabtu, 27 Jumadil Akhir 193 H dalam usia sekitar 45 tahun. Ia memerintah selama 23 tahun 2 bulan 13 hari. Semoga Allah menerima amal kebaikannya, mengampuni kesalahannya dan memasukkannya ke dalam surga Firdaus yang tertinggi.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

FOTO GALLERY

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MYOGISAPUTRA | Informasi Dunia Cyber Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...